Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara membuat kerajinan tas dari bungkus kopi

Sahabat kreasi, mendaur ulang sampah menjadi karya kerajinan tangan khususnya dalam mendaur ulang limbah plastik merupakan salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk membantu mengurangi jumlah limbah plastik yang ada disekitar lingkungan kita.

Di samping membantu menciptakan lingkungan yang bersih bebas dari sampah dengan kita mendaur ulang sampah maupun barang bekas lainnya menjadi sebuah prakarya kerajinan handmade yang unik, menarik dan bermanfaat, hal ini juga bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan uang dari menciptakan karya-karya kerajinan yang cantik dan menarik yang bisa kita jual di pasaran yang mempunyai daya tarik minat dari masyarakat untuk membeli karya tersebut.

Tas bungkus kopi
Sudah banyak sekali contoh dari pengrajin yang sukses dari hasil prakarya kerajinan tangan yang mereka buat bermodalkan kreatifitas atas keterampilan yang mereka miliki dalam membuat kerajinan yang unik dan menarik yang banyak di minati oleh kalangan masyarakat.

Seperti contoh hasil karya kerajinan yang sukses banyak diminati oleh masyarakat yang berhasil saya buat yakni sebuah tas jinjing dari kerajinan bungkus kopi.

Tas kerajinan ini berhasil memikat daya tarik masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga, mungkin karena dengan penampilan yang cantik, unik dan memiliki kuantitas maupun kualitas yang bagus, membuat para ibu-ibu tertarik untuk memilikinya.

Tas jinjing dari bungkus kopi ini memang saya bikin dengan desaign yang bagus semaksimal mungkin, dengan menggunakan jenis metode anyaman sudut rapat tanpa jahit dan dengan menggunakan jenis motif cangkir variasi. Sedangkan untuk ukuran tas ini adalah panjang 6 sudut (24cm), lebar 3 sudut (12cm), dan tinggi 4 sudut (16cm). Dan untuk talinya saya buat dengan menggunakan metode anyaman tali bungkus kopi zig-zag double (2 susunan terbalik yang di jahit).

Sehingga membuat tas ini terlihat mewah dan megah dan sangat cocok untuk di kenakan oleh para ibu-ibu untuk tempat barang-barang kecil seperti uang, hp, tisu, alat-alat cosmestic saat berpergian keluar rumah ataupun saat menghadiri resepsi pernikahan, arisan, bertamu atau saat menghadiri acara-acara penting lainnya.

Sahabat kreasi, sebenarnya dalam membuat tas jinjing ini tidak harus menggunakan bahan bungkus kopi kapal api, kita bisa kreasikan dengan menggunakan jenis limbah bungkus kopi lainnya yang banyak kita temukan diarea sekitar lingkungan kita semisal seperti jenis bungkus kopi luwak white coffe, abc susu, tora bika, fresco dll, atau bisa juga dengan jenis limbah plastik lainnya seperti bungkus indomie mie instan, bungkus deterjen dan lainnya.

Namun kebetulan untuk jenis limbah bekas bungkus kopi yang banyak saya dapatkan untuk saat ini yakni jenis bungkus kopi tersebut.

Dan sebenarnya juga kita bisa membuat kerajinan selain tas dari bungkus kopi ini semisal jadikan sebuah karya dompet, tempat tisu, keranjang minuman, tikar dan sebagainya. Insya allah akan saya buatkan tutorial satu persatu untuk anda di artikel selanjutnya.

Untuk tutorial cara bikin tas jinjing dari bungkus kopi ini akan saya tuliskan dibawah ini lengkap dengan gambarnya.
Namun sebelum ke tahap langkah-langkah pembuatanya, ada baiknya saya memperkenalkan dulu untuk jenis motif dan anyaman dari bungkus kopi yang biasa saya buat.

Jenis-jenis anyaman bungkus kopi dan macam-macam motifnya.

1. Anyam sudut rapat
Anyaman ini merupakan salah satu jenis anyaman yang paling di gemari oleh pengrajin bungkus kopi karena di samping menghasilkan produk yang berkualitas kuat dan cantik, teknik anyaman ini juga sangat mudah dalam menganyamnya.

2. Anyaman zig-zag full jahit
Anyaman zig-zag full jahit adalah anyaman klasik pada kerajinan bungkus kopi, menghasilkan karya dengan kualitas yang bagus dan tebal.

3. Anyaman zig-zag tanpa jahit
Kalau jenis anyaman ini kebalikan dari nomor 2, tetapi untuk hasil juga lumayan bagus dan proses mengayamnya juga tidak terlalu sulit dibandingkan dengan jenis anyaman nomor 2.

4. Anyaman sudut berlubang
Anyaman ini yang paling populer dikalangan para kreator kerajinan bungkus kopi, karena anyaman ini sangat mudah dibuat dan cepat.
Anyaman ini cocok diterapkan dalam membuat kreasi tas dengan ukuran besar.

Untuk jenis motif dari bungkus kopi kapal api ada model motif cangkir bunga, cangkir kipas, cangkir bulat, cangkir segiempat dan cangkir menyilang.

Cara membuat tas dari bungkus kopi yang mudah dengan anyaman rapat tanpa jahit.

Berikut panduan serta alat dan bahan yang harus dilakukan dan disiapkan untuk pembuatan tas dari bungkus kopi.

Alat dan bahan:

1. Bungkus kopi [kapal api]
    Tas : 225 bungkus
    Tali : 80 bungkus
2. Gunting
3. Benang dan jarum
4. Resleting 35 cm

9 langkah cara bikin tas dari bungkus kopi kapal api:

Sebelum mulai langkah-langkah pengerjaan jangan lupa untuk tahap awal silahkan anda kumpulkan sampah bungkus kopi sebanyak jumlah yang dibutuhkan, kemudian silahkan anda cuci terlebih dahulu menggunakan sabun deterjen atau sejenisnya, kemudian silahkan anda rendam dan bilas sampai bersih agar kuman dan bakteri yang ada di limbah plastik tersebut hilang. Setelah proses tersebut selesai silahkan anda tiriskan dan keringkan.
1. Gunting bungkus kopi dengan ukuran panjang 7 cm lalu lipat dan pilih motif cangkir variasi buat lipatan dengan ukuran lebar 2 cm.

2. Buat pojokan dasar seperti yang ada pada gambar, kemudian lanjutkan dengan mulai menganyam tahap awal ke bagiam ujung lipatan sesuai dengan motif yang sama.

3. Anyam hingga mencapai jumlah susunan dasar dengan ukuran panjang 6 sudut (24 cm) dan lebar sudut (12 cm).
4. Anyam kembali bagian atas sampai mencapai jumlah tinggi 4 sudut (16 cm).

5. Buat pojokan atas secara urut dengan pojok atas. Lakukan proses ini pada ke empat pojok atas.

6. Setelah selesai membuat pojokan, anyam kembali bagian sampingnya tetapi jangan disatukan dengan anyaman sebelahnya, karena diproses ini akan dibentuk sela-sela bagian tengah untuk menempatkan resleting.

7. Buat tali tas bungkus kopi sebanyak 2 buah, akan tetapi untuk yang pertama silahkan dipasang terlebih dahulu, baru kemudian silahkan buat lagi dan posisikan terbalik karena masing-masing zig-zag akan disatukan dengan menggunakan metode jahit dan selipkan ujung bagian tali tambahan disamping untuk proses penyatuan dan menjahot. Lakukan penjahitan sesuai susunan zig-zag tali dan berakhir di penguncian akhir tali dan kemudian silahkan ikat dengan tali mati.

8. Lakukan cara yang sama untuk sisi baliknya untuk melengkapi tali.

9. Jangan lupa untuk merapihkan sisa ujung lipatan agar disisipkan kedalam dan kemudian proses akhir silahkan pasang resleting yang sudah disiapkan dengan cara menjahitnya secara rapi. Selesai tas sudah bisa anda pakai.

Tips: Agar tas dari bungkus kopi ini terlihat semakin cantik dan menarik, silahkan anda kreasikan sendiri dengan cara menambah aksesoris pernak-pernik hiasan yang bisa anda beli di toko aksesoris terdekat di sekitar anda.

Cukup sekian untuk artikel ini tentang cara membuat kerajinan tas dari bungkus kopi. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi dan referensi anda dalam berkreasi mendaur ulang limbah plastik.

Terima kasih sudah membaca artikel tutorial kerajinan tangan ini, untuk anda yang kurang jelas atas apa yang saya tuliskan diatas bisa anda tanyakan lewat kolom komentar dibawah ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "9 Cara membuat kerajinan tas dari bungkus kopi"