Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tas Gold Dari Kerajinan Daur Ulang Plastik Bekas Limbah Bungkus Kopi Fresco | Unik&Mudah!

Sahabat kreasi, mendaur ulang sampah dari limbah plastik menjadi sebuah karya kerajinan yang unik dan menarik memang merupakan salah satu kegiatan yang sangat mengasyikan dan membanggakan bagi kita sebagai seorang kreator kerajinan dari barang bekas.

Karena disamping bisa membantu lingkungan bebas dari sampah dengan mengurangi jumlah limbah yang ada, dengan kita mendaur ulang sampah menjadi sebuah karya kerajinan kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan kita membuat karya-karya kerajinan yang unik dan menarik.

Karena dengan kita sukses membuat karya kerajinan yang unik dan bermanfaat, pasti akan banyak dari masyarakat yang tertarik membeli produk-produk kita walau hanya dari bahan dasar limbah dan barang bekas.
Tapi tentunya kita harus mempunyai skill keterampilan dan inspirasi yang tak terbatas agar kita bisa selalu membuat karya-karya yang memukau dari setiap hasil karya kerajinan kita.

Contoh hasil kerajinan dari daur ulang plastik yang berhasil saya buat yakni sebuah tas gold dari limbah bungkus bekas kopi fresco.
Daur ulang plastik

Kerajinan Bungkus Kopi |Tas Cantik, Mewah Dan Elegan Dari Daur Ulang Limbah Plastik.

Tas dari daur ulang plastik bungkus kopi  yang kali ini aku bikin sangat berbeda dengan jenis tas kerajinan yang biasanya, karena di desaign dengan tampilan yang cukup glamour, menampilkan motif gold atau kuning keemasan serta di tambah lagi dengan adanya tali rantai ulir berwarna gold senada dengan motif tas yang menambah melengkapi mewahnya tas ini.
Bentuk nya juga simpel karena tidak terlalu besar dan praktis untuk dibawa dan di kenakan. 

Unik!. Karena adanya bentuk zig-zag bagian atas sehingga memberikan kesan berbeda dari tas lain, selain itu tas ini juga di lengkapi dengan furing atau inner yang terbuat dari bahan kain perca sisa yang di jahit tangan dengan rapi.

  • Alat dan bahan

Bahan utama pembuatan tas cantik ini adalah limbah plastik bungkus kopi yang sudah di sortir sesuai dengan jenis merk dan ukuran kemasan tersebut. Untuk kreasi tas ini bungkus yang di pakai adalah bungkus dengan merk kapal api fresco dimana ciri khas bungkus tersebut adalah adanya bagian kemasan yang berwarna gold (emas) yang nantinya akan di ubah menjadi lipatan yang akan di anyam. Berikut ini adalah beberapa bahan serta alat yang digunakan dalam pembuatannya. Antara lain sebagai berikut : 

1. Bungkus kopi kapal api fresco yang sudah di cuci bersih lalu di keringkan (di lap dengan kain). Dengan jumlah yang di butuhkan sekitar kurang lebih 106 bungkus.

2. Gunting yang tajam untuk mempermudah proses pemotongan bungkus kopi agar kualitas produk rapi.

3. Benang dan jarum. Benang yang di gunakan dalam menjahit anyaman ini menggunakan benang jeans karena kualitas yang bagus, kuat dan kencang serta tidak mudah putus. Untuk warna kebanyakan berwarna navy (biru Dongker ) tetapi ada pula warna lain. Anda dapat menyesuaikan. Sedangkan jarum yang di gunakan menggunakan jarum ukuran besar karena menyesuaikan tebal dari benang sehingga memudahkan untuk proses.

4. Resleting atau inner (furing) resleting pada tas ini sudah terpasang bersama dengan kain atau yang sering di sebut (inner/furing) ukuran panjang resleting 25cm yang sudah di jahit rapi dengan kain perca sisa dengan warna coklat tua. Ukuran kain yang terbentuk di sini adalah panjang 18cm dan lebar 13cm.

5. Tali rantai ulir berwarna gold. Pemberian tali di sini di pasang lengkap dengan ring bulat untuk ukuran di sini menggunakan ukuran diameter 5cm lalu kaitkan dengan tali rantai ukuran 150 cm.

  • Langkah-langkah cara bikin tas dari bungkus kopi
Langkah-langkah dalam pembuatan nya antara lain sebagai berikut : 
Cara membuat tas bungkus kopi


1. Siapkan bungkus kopi yang sudah di cuci bersih dan sudah kering. Lalu potong bagian atas dan bawah di sesuaikan dengan keinginan anda untuk nantinya di buat lipatan. Ukuran panjang dalam pemotongan bungkus ini adalah 7 cm. Setelah itu, lipat bagian atas dan bawah ke tengah masing-masing dengan ukuran lebar lipatan 1,5 cm. Jika sudah lalu ke dua lipatan tersebut di lipat kembali ke tengah menjadi satu bentuk lipatan. Balik bagian lipatan bagian atas dan bawah ke dalam sehingga terbentuk lipatan dengan motif yang sesuai dengan keinginan. Lebar lipatan adalah 2cm. 

2. Siapkan 2 lipatan untuk dianyam pertama. Anyaman yang di gunakan di sini menggunakan metode anyaman zig-zag full jahit. Jadi siapkan 2 lipatan lalu tekuk dan pilih motif yang akan di pakai, kaitkan bagian tekukkan atas dan bawah sehingga terbentuk sebuah kuncian zig-zag. Lakukan anyaman dengan cara menyelipkan tekukan lipatan ke bagian atas dan bawah Secara berselang-seling. Lakukan dengan rapi dan sabar. 


3. Buat anyaman dengan jumlah lipatan yang berjumlah 27 lipatan atau jika di hitung ujung zig-zag nya berjumlah 14 zig-zag. Tetapi, untuk lipatan terakhir ini lipatan bagian punggungnya di gunting sehingga nantinya akan mempermudah proses penguncian akhir. Karena akan di buat ring zig-zag sebagai bagian susunan tas.

4. Buat susunan ring zig-zag sebanyak 4 susunan.

5. Bagian terakhir untuk melengkapi tas ini adalah di butuhkan nya anyaman tunggal. Sebagai penutup bagian bawah tas. Caranya adalah dengan menggunakan lipatan bahan tas yang di potong menjadi 2 bagian lalu lipat menyilang dan kunci menjadi 1 lipatan tunggal, untuk motif di sesuaikan dengan motif keseluruhan agar terlihat rapi dan sama. Buat 6 anyaman tunggal.


6. Jahit bagian susunan ring mulai dari atas, kita siapkan 2 ring dahulu, untuk jahitan awal kita tempatkan di bagian pojok atas dengan membuat ikatan benang tali mati awal. Lalu di lanjutkan dengan menjahitnya secara rapi sesuai susunan lipatan zig-zag. Lakukan memutar sampai bertemu pada titi awal mula jahitan, lalu di lanjutkan dengan menjahitnya pada susunan ring zig-zag berikutnya. Lakukan hingga susunan ke 4.


7. Jika sudah tersusun semua, lalu jahit bagian bawah kanan dahulu untuk di buat pojok segitiga yang di jahitkan menjadi 1 pojok segitiga. Setelah itu terbentuk bagian yang akan di sisipan anyaman tunggal. Jahit dan susun semuanya. Sampai selesai. Untuk bagian akhir, buat bagian pojok segitiga akhir seperti pada bagian awal tadi. 

8. Pasang furing yang sudah  di sesuaikan ukuran nya. Lalu jahitkan pada tas anyaman zig-zag tersebut. Jahit dari bagian dalam. Lakukan jahitan pada sela-sela titik zig-zag atas. Lakukan dengan rapi.

9. Lengkapi dengan tali rantai ulir berwarna gold yang sudah di selipkan ring pada bagian kanan dan kiri tas. Dan tas sudah siap pakai untuk anda kenakan pada acara dan momen spesial anda.

Demikian tutorial kerajinan daur ulang plastik dari kami tentang cara membuat tas gold dari bungkus kopi kapal api fresco, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang ingin berkreasi dari barang bekas limbah sampah plastik.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika ada kekurangan atau kurang jelas dalam mempraktekan tutorial di atas, silahkan tanyakan lewat kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Tas Gold Dari Kerajinan Daur Ulang Plastik Bekas Limbah Bungkus Kopi Fresco | Unik&Mudah!"